HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

7 Penyebab Perut Buncit yang Sebaiknya Kamu Hindari

Penyebab Perut Buncit dan Solusinya
Source: pixabay.com

duniawanita.my.id - Perut buncit merupakan mimpi buruk bagi semua orang. Kondisi dimana bagian perut seakan menggembung dan membesar ini selain mengurangi penampilan ternyata juga menyimpan beberapa masalah kesehatan di dalamnya. Beberapa masalah kesehatan yang dapat disebabkan karena perut yang membuncit ini diantaranya adalah meningkatkan resiko masalah jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, bahkan hingga stroke.

Perut buncit ini biasanya disebabkan karena adanya lemak yang berlebih terutama pada bagian perut. Ada banyak sekali faktor penyebab yang bisa membuat perut kamu yang tadinya rata tiba-tiba menjadi buncit yang mungkin sudah biasa kamu lakukan setiap hari dan kamu tidak menyadarinya.

7 Penyebab Perut Menjadi Buncit

1. Pola Makan yang Tidak Sehat

Penyebab pertama yang paling banyak dilakukan orang dengan perut buncit adalah pola makan yang tidak sehat. Tidak sehat yang dimaksud disini adalah terlalu banyak mengkonsumsi produk gula seperti minuman bersoda dan makanan-makanan cepat saji (junkfood) seperti burger, kentang goreng, pizza dan sebagainya.

Makanan dan minuman yang ada di atas seperti yang diketahui dapat menyebabkan berat badan yang semakin naik, memperlambat proses metabolisme, mengurangi kemampuan mengolah lemak hingga akhirnya membuat perut kamu menjadi buncit.

Solusinya kamu bisa menghindari makanan yang termasuk ke dalam kategori yang ada di atas dan mulai menggantinya dengan makanan-makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayuran.

2. Kebiasaan Begadang

Malam hari merupakan waktu tubuh untuk beristirahat dan melakukan proses metabolisme setelah seharian beraktivitas. Dengan kamu tidur larut malam atau bahkan tidak tidur seharian, itu sama saja dengan kamu mengganggu proses yang seharusnya dilakukan oleh tubuhmu.

Kebiasaan nomor 2 ini biasanya yang menjadi penyebab perut buncit bagi anak muda dan remaja yang memang lebih sering begaang untuk mengerjakan tugas atau sekedar nongkrong bareng temen. Biasanya ketika kamu begadang kamu pasti lapar dan kamu tentunya akan memesan makanan cepat saji yang ada pada poin nomor 1 di atas. Lemak akan semakin menumpuk dan tidak ada waktu lagi buat tubuhmu untuk memprosesnya.

3. Kurang Berolahraga

Sejatinya tujuan berolahraga selain membuat tubuh lebih sehat, olahraga juga bisa membuat badan yang kamu miliki lebih ideal karena olahraga membakar lemak yang ada pada tubuh dan mencegah tertimbunnya lemak pada area tubuh.

Biasanya kurang berolahraga ini merupakan penyebab perut buncit untuk kalangan orang tua dan dewasa dimana orang-orang yang pada kalangan ini biasanya tidak mempunyai cukup waktu untuk berolahraga.

4. Konsumsi Alkohol Berlebih

Alkohol merupakan salah satu minuman dengan kandungan kalori yang tinggi bahkan sebuah studi menyebutkan bahwa kandungan kalori segelas bir setara dengan kandungan tujuh keping biskuit susu sehingga dengan mengkonsumsi alkohol berlebih maka bisa membuat perut kamu menjadi buncit. Selain itu mengkonsumsi alkohol kurang baik untuk kesehatan bukan?

5. Stres

Kondisi stress dapat mengganggu proses metabolisme tubuh karena adanya pelepasan hormon kortisol yang dilakukan tubuh. Disamping itu beberapa orang ada yang lebih suka melapiaskan masalah yang sedang dihadapinya dengan makan makanan yang banyak dalam satu waktu. Tentu ini akan memicu tertimbunnya lemak pada bagian perut.

6. Merokok

Merokok memang tidak secara langsung menyebabkan perut menjadi buncit. Namun berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Plos One, terdapat temuan bahwa orang yang merokok memiliki lebih banyak lemak pada perutnya daripada orang yang tidak merokok.

7. Genetik

Beberapa peneliti percaya bahwa perut yang buncit dapat terjadi karena adanya faktor genetik dari orangtua yang memiliki perut buncit. Namun untuk hal ini kamu tidak perlu terlalu khawatir karena kamu bisa mengatasi hal ini dengan menjaga pola makan yang kamu lakukan dan tentunya rajin berolahraga.

Nah itu dia tujuh penyebab perut buncit yang sebaiknya kamu hindari. Perlu kamu ingat perut buncit bisa dialami oleh siapa saja dan tentunya hal ini akan mengganggu penampilan yang kamu miliki yang berujung pada ketidakpedean kamu terhadap tubuh kamu sendiri.

Solusinya hindari tujuh hal yang ada di atas ya dan jangan lupa untuk menjaga pola makan serta rutin untuk berolahraga.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar