HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Pantai Indah Kualo Barangbang, Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Tapanuli Tengah

Pantai Indah Kualo Barangbang Tapanuli Tengah
Source: dokumentasi pribadi

duniawanita.my.id - Kabupaten Tapanuli Tengah kini tengah kehadiran suatu objek destinasi wisata baru yang bernama Pantai Indah Kualo Barangbang. Pada hari-hari biasa saja pantai ini sudah ramai dikunjungi oleh para wisatawan, apalagi pada saat weekend. Penasaran tentang pantai ini? Yuk simak pengalaman kami di bawah ini.

Terletak di sisi Jalan Sibolga Barus atau lebih tepatnya berada di Desa Barangbang, Kecamatan Sosorgadong yang memakan waktu sekitar 1.5 jam perjalanan dari Kota Sibolga, objek wisata yang satu ini menawarkan suasana pantai yang masih asri disertai dengan rimbunnya pohon cemara yang tumbuh di sekitaran pantai ini.

Untuk sampai ke tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil ataupun menaiki angkutan umum yang memang menuju ke Barus lalu turun di Desa Barambang arah pantai karena sepengetahuan kami belum ada angkutan umum yang memang khusus menuju tempat ini. Sebagai catatan jika kamu menaiki angkutan umum pastikan kepada supirnya untuk melewati jalur bawah (arah pantai) karena jalan menuju Barus terdiri dari dua jalur yaitu jalur bawah yang melewati pantai dan jalur atas yang tidak melewati pantai.

Jembatan Biru Desa Barangbang Tapanuli Tengah
Source: dokumentasi pribadi

Adapun keunikan dari pantai yang satu ini ialah antara daratan pantainya dan jalan raya yang menjadi akses ke pantai ini dipisahkan oleh muara yang cukup lebar sehingga dibangunlah sebuah jembatan berwarna biru atau yang biasa disebut juga sebagai Jembatan Biru sebagai akses masuk menuju pantai ini.

Perahu Bebek Desa Barangbang Tapanuli Tengah
Source: dokumentasi pribadi

Di sisi lain, muara yang menjadi pemisah antara daratan pantai dan jalan raya ini juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk bermain sepeda bebek air yang bisa kamu coba dengan harga tiket sekitar Rp 20.000-an untuk sekali main.

Jika kamu ingin sekedar bersantai di pantai ini, kamu dapat menyewa pondok-pondok lesehan yang tersedia atau jika kamu mungkin membawa tikar bersama keluargamu maka kamu dapat membentangkan tikarnya di tempat yang tersedia. Kamu tidak perlu khawatir kepanasan karena pohon cemara yang tumbuh di tempat ini cukup rimbun sehingga dapat menutupi sinar matahari bahkan di saat cuaca sedang terik.

Untuk soal makanan di pantai ini sudah terdapat warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman sehingga kamu tidak perlu khawatir jika kamu tidak membawa bekal menuju pantai ini. Selain itu terdapat juga beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti toilet dan parkiran yang menurut kami pribadi fasilitas-fasilitas ini mungkin dapat lebih dibenahi agar tidak mengganggu pengguna jalan yang lainnya mengingat akses masuk menuju pantai ini yang berada tepat di samping jalan raya.

Terakhir kali kami mengunjungi tempat ini tidak dikenakan tiket masuk alias gratis, namun untuk ke depannya kami tidak bisa memastikannya. Sebagai penutup jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini, jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan agar tempat wisata yang satu ini selalu lestari.

Pantai Indah Kualo Barangbang di Google Maps:

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar