HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Sering Mandi Malam? Ini 5 Dampak Buruk yang Patut Kamu Waspadai

Mandi, Kegiatan untuk Membersihkan Tubuh
Source: pixabay.com

duniawanita.my.id - Mandi merupakan rutinitas yang tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan sehari-hari. Kegiatan bersih-bersih badan yang satu ini bahkan biasanya kita lakukan 2 kali sehari. Mandi pertama di pagi hari sebelum beraktivitas dan mandi yang kedua di sore hari selesai beraktivitas.

Namun nyatanya banyak diantara kita ini yang lebih memilih mandi di waktu malam. Mungkin karena tidak ada waktu untuk mandi di sore hari, atau mungkin karena nanggung mending mandi sebelum tidur saja. Namun tahukah kamu kalau mandi di malam hari memiliki dampak buruk? Berikut penjelasannya gengs!

Dampak Sering Mandi Malam yang Patut Kamu Waspadai

1. Penuaan Dini

Kita semua pasti setuju malam hari merupakan waktu untuk beristirahat. Namun hal ini agaknya tidak berlaku untuk beberapa orang yang lebih suka mandi di waktu malam. Dengan mandi di malam hari, metabolisme tubuh yang kamu miliki bisa terganggu yang berdampak juga pada terganggunya proses metabolisme lemak. Nah terganggunya proses metabolisme lemak inilah yang menyebabkan kulitmu keriput mengingat kulit yang kita miliki berada di atas lapisan lemak.

2. Asam Urat

Suhu dingin air di malam hari dapat menyebabkan rasa nyeri pada persendian yang memperburuk kondisi orang-orang yang mengalami asam urat. Bila memang harus mandi malam, lebih baik gunakan campuran air hangat agar suhu air yang akan digunakan tidak terlalu dingin.

3. Rematik

Sama seperti asam urat, suhu dingin air di malam hari juga dapat memperburuk kondisi orang-orang yang menderita penyakit rematik karena rasa nyeri dan ngilu yang timbul di persendian. Akibat dampak yang satu ini, orang-orang yang sudah lanjut usia bahkan disarankan untuk tidak mandi di malam hari karena sudah lebih rentan terkena penyakit yang satu ini.

4. Pilek

Pilek merupakan keadaan dimana hidung berair, tersumbat dan terasa gatal. Meskipun tidak langsung disebabkan karena mandi di malam hari, namun bagi kamu yang kondisi tubuhnya kurang fit disarankan untuk tidak mandi di malam hari. Hal ini karena jika kamu mandi di malam hari ketika badan kurang fit maka resiko terserang virus ini akan jauh lebih meningkat.

5. Demam

Mandi di malam hari tentunya akan membuat tubuh kita bekerja lebih ekstra untuk bisa menghasilkan panas sebagai penyeimbang suhu dingin yang diterima melalui air. Itulah alasan kenapa kita sering merasakan gerah dan panas selepas mandi di malam hari.

Itulah 5 dampak buruk mandi di dalam hari yang patut kamu waspadai. Meskipun mandi di malam hari nampaknya memberikan kesegaran bagi tubuh namun ada baiknya untuk tidak sering mandi di malam hari. Kalaupun harus mandi di malam hari, pastikan air yang kamu gunakan tidak terlalu dingin atau kamu bisa mencampurnya dengan air hangat guna menghindari ke - 5 dampak yang ada di atas.

Related Posts
Lebih baru Terlama
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar