HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Selain untuk Bumbu Masakan, Ini 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan
Source: pixabay.com

duniawanita.my.id - Bawang putih merupakan salah satu bumbu resep masakan yang memiliki cita rasa dan aroma yang khas dimana bawang putih ini biasanya digunakan untuk melengkapi rasa dan aroma dari makanan yang akan kita masak.

Namun tahukah kamu ternyata selain digunakan dalam proses masak-memasak, bawang yang identik dengan warna putih ini juga bermanfaat untuk kesehatan lho. Adapun senyawa yang terdapat dalam bawang putih ini yang membuatnya bermanfaat bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

  • vitamin B6
  • selenium
  • vitamin C
  • zat allicilin
  • dan mineral penting lainnya

Nah kamu pasti penasaran kan manfaat bawang putih untuk kesehatan dari kandungan bawang putih yang ada di atas? Yuk simak tujuh manfaat bawang putih untuk kesehatan berikut ini.

7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

1. Menurunkan Resiko Kanker

Percaya atau tidak ternyata ada lho penelitian yang mengungkapkan bahwa bawang putih ini mampu menekan aktivitas sel kanker yang ada di dalam tubuh. Selain itu bawang putih ini juga dapat mencegah seseorang terhindar dari kanker usus besar karena kandungan senyawa yang ada di dalamnya.

2. Menjaga Daya Imun Tubuh

Kandungan senyawa bawang putih yang ada di atas seperti vitamin B16, selenium, vitamin C ternyata bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga daya imun tubuh. Tentunya dengan kuatnya daya imun yang kamu miliki maka kamu akan terhindar dari beragam penyakit yang datang menyerang tubuhmu.

3. Mencegah Flu dan Pilek

Terkait dengan poin nomor dua yang ada di atas tentunya dengan daya imun tubuh yang kuat maka virus flu dan pilek yang datang menyerangmu dapat dengan mudahnya ditangkis oleh daya imun tubuhmu tersebut. Oleh sebab itu selalu jaga daya imun tubuhmu ya.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Bawang putih mentah juga bermanfaat untuk menurunkan dan mengendalikan tekanan darah yang tinggi dengan memberikan efek penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang mana efek yang ditimbulkan ini sebanding dengan obat hipertensi lho. Disamping itu ternyata dengan memakan bawang putih mentah ini juga akan menimbulkan efek pelebaran pembuluh darah yang tentunya ini berdampak pada lancarnya peredaran darah ke seluruh tubuh.

5. Mengatasi Jerawat Menggangu

Zat allicin yang terkandung dalam bawang putih ini mampu mengatasi jerawat yang mengganggu yaitu dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat berkat sifat antibakteri yang dimilikinya. Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu haluskan bawang putih ini lalu oleskan pada jerawat yang mengganggu, kemudian diamkan sebentar dan terakhir bilas deh.

6. Mencegah Rambut Rontok

Dengan kandungan yang ada di atas, ternyata bawang putih juga bisa lho memperkuat dan mencegah rambut rontok. Bawang putih juga dapat mendorong pertumbuhan rambut serta menjaga rambut tetap sehat dan kuat. Ini semua karena dalam bawang putih terdapat kandungan sulfir yang kaya akan kandungan keratin di dalamnya.

7. Baik untuk Pencernaan

Demikianlah tujuh manfaat bawang putih bagi kesehatan. Bagi kamu yang ingin mencobanya, kamu dapat memakannya mentah-mentah dengan cara memblendernya dan menjadikannya jus atau buat kamu yang tidak tahan dengan baunya, kamu juga bisa kok mencampurkannya ke dalam bahan makanan. Selamat mencoba.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar