HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

7 Tips Pencegahan Agar Tidak Tertular Virus Corona

Tips Pencegahan Agar Tidak Tertular Virus Corona
Source: pixabay.com

duniawanita.my.id - Virus Corona yang telah ditetapkan sebagai Pandemi oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) telah menjangkiti total sekitar 96 orang masyarakat Indonesia berdasarkan update terbaru dari pemerintah. Agar kita terhindar dari penularan virus yang satu ini, berikut kami jabarkan beberapa tips pencegahan agar tidak tertular virus Corona.

Sebelumnya virus Corona (2019-nCoV) ini merupakan virus jenis baru yang masih satu golongan dengan virus SARS dan MERS yang pernah terjadi beberapa tahun sebelumnya. Infeksi pertama kali virus Corona ini berasal dari Wuhan, China yang diperkirakan virus ini asalnya dari hewan seperti kelelawar, ular dan hewan-hewan lainnya yang diperdagangkan di salah satu pasar tradisional Wuhan.

Hingga saat ini belum ditemukan adanya pengobatan yang dapat menyembuhkan virus Corona ini sehingga WHO menyarakan tindakan preventif agar tidak semakin banyak orang yang tertular virus yang satu ini.

Berikut 7 Tips Pencegahan Agar Tidak Tertular Virus Corona:

1. Tidak Bepergian ke Daerah yang Terjangkit

Tips yang pertama, tidak bepergian ke daerah yang terjangkit virus ini. Seperti yang kita ketahui beberapa daerah di Indonesia terkhususnya di Pulau Jawa sudah mengkonfirmasi adanya penyebaran virus Corona ini. Sehingga jika bukan karena urusan yang mendesak, ada baiknya kamu untuk menghindari daerah-daerah yang terkonfirmasi sebagai tempat penyebaran virus Corona ini.

Beberapa daerah bahkan sudah mengambil kebijakan untuk meliburkan aktivitas sekolah dan menunda kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang.

2. Menjaga Interaksi dengan Orang yang Menunjukkan Gejala Flu

Tips yang kedua, jika kamu melihat di sekelilingmu ada orang yang menunjukkan gejala-gejala flu maupun gejala Corona ini, ada baiknya kamu untuk memberi jarak dengan orang tersebut. Karena seperti yang kita ketahui cukup sulit untuk membedakan orang yang memang terkena flu biasa dan orang yang terkena virus Corona ini karena memang gejala awal dari keduanya hampir sama.

3. Mencuci Tangan dengan Benar

Tips yang ketiga, mencuci tangan benar nampaknya cara yang paling sederhana namun bisa dikatakan bahwa cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona ini.

Cucilah tangan secara menyeluruh hingga ke sela-sela jari menggunakan sabun di bawah aliran air yang mengalir secara teratur setelah beraktivitas.

4. Hindari Menyentuh Area Wajah

Tips yang keempat, jika kamu tidak / belum sempat melakukan tips nomor 3 di atas, ada baiknya kamu untuk menghindari aktivitas menyentuh area wajah. Seperti yang kita ketahui virus Corona ini bisa bertahan di permukaan benda hingga berhari-hari lamanya.

Maka untuk berjaga-jaga siapa tau kamu sudah menyentuh permukaan benda yang terpapar virus Corona, hindari untuk menyentuh area wajah seperti mulut, hidung dan mata untuk mencegah virus ini masuk ke dalam tubuh.

5. Menghindari Kontak dengan Hewan yang Mungkin Menularkan Virus Corona

Tips yang kelima, Corona yang diduga awalnya berasal dari hewan dan ditularkan kepada manusia membuat kita harus menghindari kontak dengan hewan-hewan yang mungkin saja menularkan virus Corona ini.

Jika ingin mengkonsumsi daging hewani, pastikan daging tersebut dicuci dengan bersih dan dimasak hingga benar-benar matang guna memastikan tidak adanya virus yang satu ini di makanan yang akan dimakan tersebut.

6. Menggunakan Masker

Tips yang keenam, jika kamu sedang sakit meskipun hanya flu biasa, sebaiknya gunakan masker agar kamu tidak menularkannya kepada orang lain. Seperti yang telah disarankan oleh Menteri Kesehatan dan WHO, masker sejatinya bukan ditujukan kepada orang-orang sehat melainkan diperuntukkan untuk orang-orang yang sedang sakit ataupun tenaga-tenaga medis yang berinteraksi langsung dengan mereka.

Kalaupun tidak ada masker, jika kamu ingin bersin, sebaiknya kamu menjauhi kerumunan orang dan menutupnya dengan tangan / tisu agar kamu tidak menularkannya juga kepada orang lain.

7. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tips terakhir dan paling penting, jaga daya tahan tubuh dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi seimbang dan jangan lupa untuk berolahraga secara teratur agar daya tahan tubuh yang kita miliki lebih kuat dan siap untuk menghalau penyakit-penyakit yang bisa saja menyerang tubuh kita masing-masing.

Itu dia 7 Tips Pencegahan Agar Tidak Tertular Virus Corona yang ada di atas. Selain dari ke - 7 tips yang ada di atas, jangan lupa untuk beribadah sesuai dengan ajaran agama masing-masing agar kita dihindarkan dari segala penyakit yang datang menyerang.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar